Daftar Isi: [Sembunyikan] [Tampilkan]

Kata narkoba pastinya sudah sering sekali terdengar di telinga anda. Apa itu narkoba? Narkoba adalah salah satu masalah yang hingga saat ini sulit untuk diatasi. Berbagai golongan sudah terbukti  dalam penyalahgunaan obat terlarang tersebut. Narkoba merupakan kependekan dari narkotika dan obat-obat terlarang yang memiliki kandungan membahayakan untuk mempengaruhi kondisi mental seseorang serta dapat membuat pemakainya ketergantungan.

Pada hakikatnya, beberapa narkoba digunakan medis sebagai media pengobatan. Akan tetapi, penyalahgunaan narkoba di tengah masyarakat akan berdampak buruk. Apalagi dampak dari penyalahgunaannya yang membahayakan jika dikonsumsi berlebihan dan tidak sesuai.

Berikut macam-macam narkoba yang sering disalahgunakan:

Kokain

Jenis narkoba ini memiliki berbagai bentuk. Pengguna kokain dapat menyuntikkannya  bubuk narkoba ini melalui aliran darah atuapun menghirupnya lewat hidung. Kokain akan membuat otak melepaskan zat dopamin dan membuat rasa hati bahagia.

Ekstasi

Obat terlarang satu ini berbentuk pil. Pemakaiannya bisa diminum langsung melalui oral. Pemakai biasanya juga menghisap atau menyutik ekstasi ke pembuluh darah.

Ekstasi akan meningkatkan beberapa kadar kimia di otak, seperti dopamin, serotonin, dan norepinefrin. Tiga senyawa tersebut dapat membuat suana hati senang dan merasa dekat dengan orang lain.

Heroin

Jenis obat terlarang ini berbentuk bubuk cokelat atau putih, ada juga yang berbentuk lengket bewarna hitam. Pemakai narkoba jenis ini akan menyuntikkan, menghirup, atau menghisapnya.

Efek dari obat terlarang ini ialah membuat perasaan euforia yang diikuti dengan mulut yang terasa kering, pikiran kabur, dan perasaan berat pada lengan dan kaki.

Ganja

Jenis narkoba ini yang paling sering digunakan. Ganja ini terdiri dari daun, batang, bunga, dan biji kering dari tanaman rami. Banyak orang yang mengonsumsinya dengan cara menghisapnya. Namun ada juga yang menambahkannya di suatu makanan yang mereka konsumsi.

Metamfetamin

Bentuk dari metamfetamin ialah bubuk putih yang dapat ditelan, dihisap, disuntikkan maupun dihirup oleh pemakainya. Obat terlarang satu ini terbuat dari campuran pseudoefedrin, yakni bahan yang ada padaobat flu. Bersama dengan bahan kimia bahaya yang lain. Efek yang ditimbulkan ialah perasaan hati yang senang namun dengan waktu singkat. Karena efeknya yang singkat, pemakai obat ini akan sering memakainya sehingga timbul rasa ketergantungan.

Demikian penjelasan mengenai macam-macam narkoba yang sering disalahgunakan. Mari kita perangi bersama peyalahgunaan narkoba. Kita dapat memerangi bahaya narkoba dari diri kita terlebih dahulu dan jangan lupa untuk selamatkan orang sekitar dari bahaya penyalahgunaan narkoba.

Untuk mengetahui informasi lebih banyak seputar NAPZA dan rehabilitasi narkoba, bisa mengunjungi laman ashefagriyapusaka.co.id. Semoga bermanfaat!

List Blog Keren Rajabacklink
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *