Daftar Isi: [Sembunyikan] [Tampilkan]

Besi beton merupakan besi yang dipakai untuk rangka konstruksi beton atau juga disebut beton bertulang. Memiliki kandungan batang tulangan yang mana bahan dari besi beton akan bekerja sama dalam memikul gaya-gaya.

Besi beton akan saling tarik dimana dua jenis bahan yaitu besi tulangan dan beton diaplikasikan secara bersamaan. Tulangan menghasilkan gaya tarik yang tidak dipunyai oleh beton dan dapat menyumbat gaya tekan. Secara sederhana besi beton tulangan mengacu pada dua jenis yaitu besi polos atau plain bar dan besi ulir atau deformed bar.

Besi polos merupakan besi yang memiliki penampang bundar yang permukaannya licin. Sedangkan besi ulir merupakan batang besi yang memiliki permukaan khusus dan memiliki bentuk sirip melintang.

Fungsi Besi Beton

Pengecoran besi bertulang pada beton mempunyai  beban tarik dan juga keseluruhan dapat meningkatkan kekuatan. Baja memberikan kekuatan di struktur beton sehingga beton memiliki fungsi yang sama.

Selanjutnya besi beton dapat menyalurkan berat dengan tujuan agar setiap ada keretakan tidak berkibat kerusakan. Berikut adalah fungsi besi beton.

  • Mendukung beban desain dan memberikan ketahanan (penguatan primer)
  • Sebagai kekuatan dan bertujuan untuk keindahan dengan menawarkan ketahanan lokal untuk meminimalisir retak ataupun tegangangan yang ditimbulkan oleh suhu (penguatan sekunder).
  • Batang pengikat baja luar untuk pembatas dan memperkuat struktur dari pasangan bata, juga memiliki fungsi sebagai sarana perlindungan suatu bangunan.
  • Menciptakan daya tahan pada beban khusus, kemudian menyalurkannya melalui tempat yang lebih luas.

Dari uraian diatas, fungsi besi beton yakni sebagai komponen utama guna dalam penyusunan struktur bangunan, baik itu bangunan yang sederhana maupun bertingkat. Oleh karena itu, sudah wajar apabila salah satu bahan bangunan tersebut memiliki peranan yang cukup penting dalam terciptanya suatu bangunan.

Jenis Besi Beton

Apabila dilihat dari jenisnya, besi beton mrmiliki 2 jenis, yakni beton polos dan beton ulir. Sacara umum, beton polos (plain bar) ialah salah satu jenis bahan besi dengan sifat permukaan yang mulus dan licin. Dari segi visual, jenis besi ini memiliki bentuk bundar dan alus. Besi tipe ini diyakini mempunyai daya ikat cenderung  baik dari pada coran beton.

Umumnya beton polos ini sangat sering ditemukan di pasaran, baik di toko bangunan maupun material, salah satu toko yang menyediakannya ialah toko besi Samarinda. Jika dilihat dari sudut penggunaan, tipe polos ini sering dipakai untuk mengikat beberapa batang besi dalam suatu konstruksi.

Jenis yang kedua ialah beton ulir atau deformed bar. Bentuk dari besi ini ialah mirip seperti sirip di permukaannya.  Dengan bentuk tersebut, beton ulir memiliki daya ikat yang relatif tinggi. Saat seseorang ingin memperoleh material beton ulir, bisanya perlu memesan terlebih dahulu. Hal itu dikarenakan beton ulir kebanyakan dijual dalam jumlah yang besar.

Kesimpulan dari pembahasan di atas bahwa sekarang di Indonesia memiliki 2 jenis besi beton. Dimana kedua jenis tersebut pastinya mempunyai keistimewaan tersendiri, terutama dalam membuat bangunan menjadi lebih kokoh. Anda dapat memesan kawat dan besi beton berkualitas di toko besi Samarinda dengan harga terjangkau. Langsung saja kunjungi laman agenkawatsamarinda.com untuk informasi selengkapnya. Semoga bermanfaat!

List Blog Keren Rajabacklink
Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *