Memasarkan produk secara online memang memiliki banyak manfaat untuk perkembangan bisnis. Apalagi jika kita melibatkan teknologi masa kini yang memudahkan kegiatan transaksi secara online. Payment gateway adalah sebuah sistem yang mengatur proses pembayaran dari pembeli ke penjual.

Banyak hal yang perlu kamu pertimbangan apabila ingin menjalankan bisnis online. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu pelajari untuk membangun bisnis online bagi pemula. Simak pembahasannya sampai akhir, ya!

Menentukan Platform Untuk Berjualan

Platform merupakan media yang penting untukmu memulai bisnis seperti media sosial dan e-commerce. Kamu perlu menyesuaikan jenis produk yang akan kamu jual dengan tempat berjualan agar proses penjualan lebih optimal.

Misalnya, produkmu cenderung memiliki target anak muda, maka kamu bisa memanfaatkan media sosial seperti TikTok atau instagram. Hal ini akan berbeda jika ternyata produkmu mempunyai target penjualan berupa orangtua, kamu bisa menggunakan media sosial seperti whatsaap atau facebook.

Mencari Supplier atau Distributor

Ternyata kamu bisa memulai bisnis tanpa modal finansial yang banyak, lho. Hal ini karena kamu bisa menjual produk dari orang lain atau menjadi seorang reseller. Bahkan, ada beberapa supplier yang menerapkan sistem dropship.

Jadi, kamu hanya bertugas menerima pemesanan dan menyampaikannya kepada supplier. Mereka yang akan mengurus segala keperluan pengiriman barang kepada pembeli.

Lebih baik jika kamu bisa memperoleh barang dari supplier tangan pertama sehingga keuntunganmu lebih besar tanpa menaikan harga terlalu tinggi.

Mengatur Tema atau Desain Toko Online

Elemen lain yang perlu kamu perhatikan adalah mengatur tema atau desain dari online shop. Hal ini bisa menjadi ciri khas dari tokomu dan meningkatkan brand awareness untuk para konsumen.

Selain itu, para pengunjung tokomu akan memperoleh visual yang menarik ketika berkunjung. Hal ini bisa memungkinkan peningkatan transaksi pembelian, lho.

Sebaiknya kamu memilih tema atau desain sesuai dengan produk yang kamu tawarkan. Misalnya, kamu ingin menjual produk perlengkapan bayi, maka desainnya bisa bernuansa warna pastel yang ceria. Sedangkan untuk nuansa netral, kamu bisa memilih navy atau hitam yang cocok untuk barang keperluan laki-laki.

Menambahkan Produk Pada Halaman Toko

Setelah menentukan platform mana dan tema yang ingin kamu pakai untuk toko onlinemu. Saatnya kamu mengisi halaman toko dengan berbagai produkmu. Kamu bisa mengisinya dengan foto produk dan aspek lain yang wajib ada agar daganganmu semakin tampak menarik.

Selain itu, kamu juga perlu menetapkan harga yang cocok untuk produk tersebut. Tentunya untuk hal ini kamu harus mempertimbangkan beberapa hal. Misalnya, karakteristik pelanggan atau target pasar.

Bahkan, kamu juga dapat membandingkan harga di kompetitor untuk jenis produk yang sama. Jangan lupa untuk menyesuaikan harga dari supplier sehingga kamu masih mendapatkan keuntungan sesuai dengan keinginan.

Memasarkan Produk

Setelah kamu merencanakan konsep dan tampilan online shop, kamu juga perlu rajin mempromosikan barang yang kamu jual di berbagai media sosialmu. Kamu bisa memanfaatkan fitur story pada beberapa platform untuk mempromosikan produk agar semakin banyak orang yang melihat.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah kemudahan dalam bertransaksi ketika ingin berbelanja di tokomu. Kamu perlu menggunakan payment gateway dari Midtrans. Dengan pilihan 24 cara pembayaran, tokomu akan menerima pembayaran dari mana saja.

Penjualan pun tidak perlu repot untuk mengurus pembayaran yang banyak kendala. Bersama Midtrans, pembayaran bisa terjadi secara real time dan terintegrasi dengan mudah. Untuk informasi lebih lanjut, segera kunjungi midtrans.com. Semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan